THE BACKSTAGE
there's so much going on
unspoken in the back
of the mind

March 02, 2012

Nyontek


Seumur hidup baru satu kali saya nyontek. Rasanya itu kaya..... pokoknya seakan-akan dibayang-bayangi terus sama orang yang jawabannya saya contek. Nyontek disini maksudnya melirik maupun bertanya dengan sengaja mengenai jawaban sebuah soal pada saat ujian. Kalu nyontek pr sih, sering hehe.
Itu adalah salah satu perbuatan kriminal. Menurut saya. Rasanya nggak enak kan saat semalam sebelum ujian (dan malam-malam sebelumnya) kita belajar mati-matian, terus pada saat ujian ada teman yang menyontek jawabanmu? Dan yang lebih menyakitkan lagi adalah saat kalian tahu bahwa nilai temanmuyang nyontek itu lebih baik daripada nilai yang kau dapatkan dengan hasil kerja keras mu sendiri?
Iya...silakan anggap saya sok suci. Tapi ini prinsip saya. Saya nggak mau nyontek lagi. Mau nilai saya lebih buruk dari mereka yang melakukan perbuatan hina-dina itu, yang penting ini usaha saya sendiri. Rasanya lebih nyesss gitu.

No comments:

Post a Comment