THE BACKSTAGE
there's so much going on
unspoken in the back
of the mind

January 30, 2012

Baksos 911


Malem rencang-rencang. Aku mau cerita ni ttg baksos (bakti sosial) angkatan ku dan angkatan kakak-kakak 2 tahun diatasku.. Acara nya dilaksanakan udah lama tapi baru diposting sekarang soalnya foto-foto pas disana baru diupload sama mas LO ku.

Apa itu baksos 911?
Baksos 911 adalah bakti sosial angkatan 2009 dan 2011. Jadi baksos ini di-panitia-i sama kakak-kakak angkatan 2009, dan angkatan 2011 yang jadi peserta baksos nya. Pertama-tama panitia baksos nentuin daerah mana yang akan di datangi, biasanya sih desa yang belom pernah ditempati baksos maupun daerah yang butuh tambahan pelayanan kesehatan. Kali ini baksos nya diadain di Boyolali, di sebuah SD disana. Hari-hari sebelumnya masyarakat sekitar sudah diberi pengumuman kalau pada hari-H bakal diadain baksos ini, jadi pas hari-H semua yang butuh bisa datang. Pelayanan-pelayanan pas baksos kemarin itu ada pengobatan, bedah minor, dan khitan, yang semuanya gratis. Juga ada pasar murah (baju bekas dan sembako).

Naah.. apa aja yang dilakukan pas baksos? Sebagai peserta, pertamanya kita jaga di gerbang, nah kalau ada orang yang datang ditanyai, mau berobat/operasi minor/khitan. Setelah itu kita antar pasien ke meja pendaftaran buat di data identitas nya. Lalu di bawa ke pos vital sign. Disana pasien di anamnesa(tanya jawab dokter pasien itu) dan di cek suhu, pernafasan, tekanan nadi, dan tekanan darah. Kemudian pasien di anter ke pos pemeriksaan fisik, nah bagian ini ni kita cuma disuruh nganter dan liat, soalnya px fisik ini dilakukan sama mas mbak ko-ass, biar hasilnya bener gitu. Di pos itu juga diajari gimana nulis resep obat. Ternyata nulis resep itu ada teknik nya, dan ternyata lagi tulisannya nggak harus jelek x). Setelahnya kita anter ke pos obat, menggunakan resep yang udah dibuat di pos sebelumnya. Disini kita meracik dan mbungkus obat nya sesuai resep kemudian di berikan ke pasien.
Nah kalau di pos bedah minor itu, lagi-lagi kita liat mas mbak ko-ass ng-operasi pasien. Yaiyalah masa mau kitaaa yang masih seumur jagung kuliahnya gini -_- hehe. Oh iya, apa sih bedah minor itu? Bedah=operasi dan minor=skala kecil. Jadi ya operasi dalam skala keccil gitu hehe. Pasien yang datang biasanya punya keluhan adanya benjolan pada tubuhnya. Nah benjolan itu dibuka kemudian diambil daging tumbuh yang tidak dikehendaki kehadirannya itu. Di pos khitan kita juga cuma merhatiin gimana proses khitan itu berlangsung.
Baksos itu menyenangkan :)) disini kita bisa merasakan gimana rasanya jadi dokter beneran, ngamalin ilmu-ilmu yang udah kita dapet (hahahaduh bahasanya) tapi beneran kok. Ilmu yang udah dicari susah-susah, kalo nggak digunakan se-maksimal mungkin, sayang banget rasanya.

Oke cukup ceritanya, saatnya meluncur ke TKP. Makasih yang udah baca. Didoain deh biar sehat&sukses selalu, plus cepet ketemu jodohnya.

Baju putih = peserta
Grey polo shirt = panitia


Naah.. ini dia pakaian yang dijual di pasar murah. Semua baju dihargai Rp 1000

Suasana pos anamnesis dan vital sign

Meracik obat dan memasukkan ke kantong plastik sesuai resep

Bu dokter Nadia sedang menjelaskan obat yang harus diminum pasien.. hehe

Nahh sebelum masuk pos khitan, diterangin dulu sama Mas Bagus

Prosesi khitanan berlangsung...... *keluar ruangan*


Makasih Mas Vasa buat foto-fotonyaaa *\^o^/*
Ohya, turut berduka cita sedalam-dalamnya Nadya.. semoga ayah diterima di sisi-Nya dan diterima segala amal baiknya. Amin.

Seeyaaa peopleee <3
Melani Ratih M.

No comments:

Post a Comment